Share Anything You Want

Selasa, 09 Desember 2014

Cara Merakit Komputer Super Lengkap Bagian Pertama

      Assalamualaikum Wr. Wb.
      Cara Merakit Komputer Super Lengkap
   Panduan cara merakit komputer atau pc kita sendiri super lengkap di tambah gambar pemasangan detail hingga cara memasang mur/bautnya. Namun sebelumnya kita harus tau apa kelebihan jika kita merakit komputer sendiri ketimbang beli yang langsung jadi. Dengan komputer rakitan, komputer kita menjadi lebih fleksibel dengan kebutuhan dan budget kita, itu adalah alasan utama mengapa harus memilih komputer rakitan. Lalu apa saja yang harus di persiapkan ?. Pastikan anda memiliki bahan di bawah ini sebelum melakukan perakitan :

   

Cara Merakit Komputer

A. Persiapan

       - Persiapan Perangkat Komputer : 
      (1) Casing komputer                    
      (2) Motherboard                       
      (3) Processor         
      (4) Memory               
      (5) Hard disk                              
      (6) Keyboard                            
      (7) Mouse             
      (8) Monitor                
      (9) Power Suply 
     (10) VGA card 
     (11) CD/DVD ROM/RW         
     (12) Kabe Listrik Power Supply              
     (13) CD Operating System (mis Windows 7)
        
        - Perangkat kerja : 
        (1) Obeng bunga (+)                
        (2) Obeng Minus (-)                
        (3) Multimeter    
        (4) Tang Jepit
        (5) Tang Potong

         - Persiapan Tambahan:
            Sebelum mulai memasang segala sesuatunya, mainboard harus anda letakkan pada wadah yang rata misalnya diatas meja dengan alas yang tidak bersifat penghantar listrik. Gunakan wadah kering misalnya kertas karton tebal.  
            Karena sejumlah perangkat yang terpasang langsung pada mainboard dan akan sulit dipasang  ketika mainboard dalam casing maka sebelum mainboard dipindahkan dalam casing kita akan memasang terlebih dahulu beberapa komponen pada mainboard. Instalasi Mainboard meliputi beberapa perangkat utama yang melekat pada Mainboard yaitu Microprocessor, Memory, VGA card, Sound Card.  
     1. Pastikan bahwa semua perangkat keras yang akan dirangkai menjadi PC sudah tersedia sesuai spesifikasi kebutuhan anda. 
     2. Bacalah buku petunjuk setting jumper Mainbord  kemudian aturlah semua jumper setting  yang ada.  
     3. Ketika anda memasang perangkat keras misalnya Processor jangan sampai anda memegang kakinya karena itu dapat merusak peralatan yang bersangkutan. Demikian juga dengan perangkat lain.  
     4. Sebisanya anda menggunakan sendal ketika merakit komputer agar tubuh anda tidak menjadi penghubung singkat dengan tanah.

B. Perakitan

    1. Buka penutup cassing komputer. 
         Ini sifatnya optional untuk membuka penutup utama casing. Mengapa disebut penutup utama karena pada penutup inilah nantinya akan dipasang motherboard. Jika Anda merasa nyaman memasang Motherboard langsung pada casing tanpa membuka penutup utama ini, itu tidak masalah.
   2. Pasang Power Supply Dengan Tepat
       Karena Power Suply agak besar dan tempatnya agak tersembunyi, maka saya anjurkan perangkat ini yang pertama dipasang.

Cara Merakit Kompute 

  3. Kunci Power Supply Dengan Sekrup 
      Setelah yakin Power Supply sudah terpasang tepat ditempatnya, silakan dikunci dengan sekrup yang tersedia. Untuk sementara mungkin lebih baik kabel output Power Supply ini diikat dulu agar tidak mengganggu proses selanjutnya. 

Cara Merakit Komputer

   4. Pasang ATX Connector Plate
      ATX Connector Plate adalah sebuah plat yang diletakkan pada bagian belakang casing yang bertujuan melindungi port-port Motherboard. ATX Connector Plate biasanya disertakan dalam penjualan Motherboard dan casing.

Cara Merakit Komputer
    
     5. Tentukan Lokasi Mounting Motherboard 
         Ada berbagai ukuran motherboard desktop dan harus disesuaikan dengan casing, ada serangkaian lubang mounting yang perlu dicari dimana Anda akan memasang sekrup sebagai landasan memasang motherboard. Penempatan sekrup ini harus Anda sesuaikan dengan lubangnya pada Motherboard. Lihat gambar diatas.

Cara Merakit Komputer

  6. Pasang Motherboard Standoffs
    Sebagaimana disebutkan diatas bahwa sekrup harus dipasang pada tempat tepat sebagai standoff bagi Motherboard agar tidak goyang. Setelah memasang standoff secara tepat, kini saatnya memasang Motherboard dengan hati-hati hingga semua standoff menemukan lubang yang tepat pada Motherboard.
 
Cara Merakit Komputer

  7. Kunci Motherboard Dengan Sekrup Yang Disediakan
      Setelah Motherboard terpasang secara tepat, kini saatnya mengunci Motherboard dengan sekrup pengunci. Semua sekrup harus dipasang agar Motherboard tidak goyang.
Cara Merakit Komputer 

   8. Pasang Kabel ATX Control 
       Kabel ATX Control biasanya include pada pembelian casing. Kabel kecil ini terdiri dari beberapa fungsi yaitu kabel power, hard drive LED, reset, dan kabel speaker connectors. Baca dengan seksama buku manual Motherboard karena penempatan kabel kecil ini ada pada buku manual Motherboard.
      CATATAN : Kabel ini harus langsung dipasang begitu Motherboard sudah terpasang karena jika semua perangkat sudah masuk dalam casing, Anda akan kesulitan memasang kabel ini.           

        Cara Merakit KomputerCara Merakit Komputer
   9. Memasang CD ROM Drive.
       Langkah selanjutnya adalah kita akan Motherboard memasang CD ROM Drive. Buka terlebih dahulu Cover penutup CD ROM Drive agar mudah memasang CD ROM Drive.

Cara Merakit Komputer 

   10. Setting IDE Drive Mode Jumping 
         Selanjutnya sebelum CD ROM Drive dipasang jumpernya harus disetting dahulu apakah sebagai master atau bukan. Jika Anda menggunakan 2 CD ROM Drive misalnya yang pertama untuk CD/DVD ROM dan yang kedua untuk CD/DVD RW maka CD ROM harus jadi master lalu CD/DVD RW sebagai slave. Kedua drive ini nantinya akan digandeng dalam satu kabel BUS IDE (kabel jalur lebar).

Cara Merakit Komputer 

   11. Pasang CD/DVD Drive Pada Tempatnya.
        Setelah mengatur jumper CD/DVD ROM, silakan ditempatkan pada posisinya pada casing lalu kunci dengan sekrup yang tersedia untuk itu.
   
 

   12. Atur Jumper Hard Disk Lalu Pasang di Tempatnya.
        Langkah selanjutnya adalah kita akan memasang Hard Disk tetapi sebelum itu atur dulu jumpernya sebagaimana mengatur jumper pada CD ROM tadi. Jika Anda menggunakan 2 Hard disk pada satu slot IDE maka jumper hard disk pertama adalah Master, dan yang kedua adalah Slave.
         CATATAN: Seandainya Anda menggunakan hard disk SATA maka cara pemasangannya sama dengan hard disk ATA hanya kabel data dan powernya yang berbeda. 

Cara Merakit Komputer

     Karna panjangnya panduan cara merakit komputer ini maka admin memutuskan untuk membuatnya dalam 2 bagian dikarenakan keterbatasan / aturan jumlah penulisan dalam platfom web ini. Untuk lanjutan panduannya silahkan masuk ke Cara Merakit Komputer Super Lengkap Bagian Kedua.

    Referensi Penyusunan Panduan ( Source ) :: Qbonk Media Group

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merakit Komputer Super Lengkap Bagian Pertama

Comments
1 Comments

1 komentar: